Glitzy Lips Partygirl Uncategorized Pergumulan di UMNO untuk pemimpin partai memegang kunci umur panjang PM Muhyiddin

Pergumulan di UMNO untuk pemimpin partai memegang kunci umur panjang PM Muhyiddin

Pergumulan di UMNO untuk pemimpin partai memegang kunci umur panjang PM Muhyiddin post thumbnail image

KUALA LUMPUR – Pertempuran untuk menguasai UMNO, yang dipicu oleh penarikan tiba-tiba dukungan untuk Perdana Menteri Muhyiddin Yassin, akan memutuskan bukan hanya nasib partai tua Malaysia yang agung, tetapi juga nasib pakta Perikatan Nasional (PN) yang berkuasa.

Sejak mendukung kudeta istana Tan Sri Muhyiddin pada Maret 2020, UMNO telah menjadi sekutu yang paling tidak puas, sering kali dengan keras menuntut bagian yang lebih besar dari rampasan sebagai anggota terbesar PN.

Maju cepat 11 bulan, dan sejumlah divisi UMNO telah mengeluarkan resolusi untuk memutuskan hubungan dengan Parti Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) Muhyiddin. Menambahkan penghinaan terhadap cedera, dua anggota parlemen dari partai yang dulu dominan secara terbuka mengumumkan bahwa mereka tidak lagi mendukung Perdana Menteri, meninggalkannya dengan pemerintahan minoritas.

Tetapi harapan presiden UMNO Ahmad Zahid Hamidi untuk memulai tahun 2021 dengan pengaturan ulang papan catur politik secara tiba-tiba dengan memaksa pemilihan cepat pupus, dengan Muhyiddin secara efektif mendapatkan kekebalan setelah Raja menyetujui permintaannya untuk kekuatan darurat pada 11 Januari untuk memerangi lonjakan kasus Covid-19 yang tak henti-hentinya.

Deklarasi itu memberi Muhyiddin, yang merupakan pemimpin Bersatu, kekuatan untuk menangguhkan Parlemen selama keadaan darurat selama tujuh bulan. Ia juga secara eksplisit menyatakan bahwa tidak akan ada perubahan dalam pemerintahan sampai perintah itu dicabut, mungkin lebih awal dari Agustus jika panel bipartisan tetapi pada akhirnya dikendalikan pemerintah menganggapnya cocok untuk melakukannya berdasarkan situasi Covid-19.

Muhyiddin telah menjanjikan pemilihan baru setelah keadaan darurat berakhir. Harapannya, bagaimanapun, untuk tetap berkuasa akan jauh lebih baik jika UMNO tetap menjadi mitra yang bersedia, daripada lawan yang memecah suara yang, kemungkinan besar, akan menguntungkan oposisi yang dipimpin oleh koalisi Pakatan Harapan (PH).

“Partai-partai yang saat ini berada di PN kemungkinan akan secara kolektif memenangkan mayoritas kursi kecuali Bersatu dan UMNO membagi suara mayoritas Melayu terlalu banyak, membiarkan pemimpin oposisi Anwar Ibrahim lolos dari tengah,” kata direktur Asia konsultan risiko Eurasia Group Peter Mumford kepada The Straits Times.

“Hasil dari pertempuran tiga arah mungkin adalah bahwa perdana menteri berikutnya tidak akan diketahui pada malam pemilihan dan malah turun ke negosiasi pasca-pemungutan suara,” tambahnya.

Saingan Zahid, sementara itu, mencium bau darah, dengan jajak pendapat kepemimpinan UMNO menjulang di pertengahan tahun ini.

Sumber-sumber resmi mengatakan Menteri Luar Negeri Hishammuddin Hussein dan Menteri Wilayah Federal Annuar Musa adalah tokoh-tokoh terkemuka di antara mereka yang ingin mengarahkan partai pada jalur kerja sama dengan Bersatu. Wakil presiden UMNO, Mohamad Hasan dan Menteri Senior untuk Keamanan Ismail Sabri Yaakob, anggota kabinet peringkat teratas partai, termasuk di antara yang lain berdiri untuk mendapatkan keuntungan dari penggulingan Zahid.

“Mereka bahkan mungkin tidak perlu menantang Zahid, karena persidangan korupsinya harus segera mencapai vonis,” kata seorang pejabat dalam pakta PN yang berkuasa kepada ST.

Zahid, mantan wakil perdana menteri, serta beberapa sekutunya, telah berjuang melawan kasus-kasus pengadilan yang diadili lebih dari setahun yang lalu ketika PH berkuasa. Penuntutan dalam kasusnya akan dihentikan bulan depan. Aturan partai melarang anggota yang dihukum untuk memperebutkan posisi kepemimpinan.

Zahid mengambil alih sebagai presiden partai dari mantan perdana menteri Najib Razak yang dipermalukan setelah UMNO kalah dalam pemilihan 2018 dan cengkeramannya selama enam dekade pada kekuasaan. Presiden partai mengklaim bahwa 143 dari 191 divisi memutuskan untuk memutuskan hubungan dengan Bersatu, tetapi ST telah mengetahui bahwa hanya 81 yang secara resmi melakukannya.

Perpecahan di UMNO jelas terlihat ketika Zahid memecat Tan Sri Annuar – dipandang sebagai tokoh pro-Muhyiddin – sebagai sekretaris jenderal koalisi Barisan Nasional (BN). Hal itu menyebabkan serangkaian ekspos oleh Annuar yang menodai presiden partai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Sepak bola: Penalti yang disengketakan memicu kemenangan comeback Lazio atas Fiorentina untuk mengejar JuventusSepak bola: Penalti yang disengketakan memicu kemenangan comeback Lazio atas Fiorentina untuk mengejar Juventus

Roma (ANTARA) - Pencetak gol terbanyak Serie A Ciro Immobile mengonversi penalti babak kedua yang kontroversial untuk membuat Lazio yang berada di posisi kedua dalam perjalanan menuju kemenangan comeback 2-1