Glitzy Lips Partygirl Uncategorized India mencari ekstradisi dari Pakistan dari tersangka dalang serangan Mumbai

India mencari ekstradisi dari Pakistan dari tersangka dalang serangan Mumbai

India mencari ekstradisi dari Pakistan dari tersangka dalang serangan Mumbai post thumbnail image

NEW DELHI (REUTERS) – India sedang mengupayakan ekstradisi seorang petinggi militan Pakistan yang diduga telah merencanakan serangan Mumbai 2008 setelah Amerika Serikat mengatakan pekan lalu bahwa dia hidup bebas di Pakistan, kata pejabat pemerintah, Minggu (28 Juni).

India dan AS telah mendakwa Sajid Mir dari kelompok Lashkar-e-Taiba yang berbasis di Pakistan atas serangan tiga hari terhadap hotel, stasiun kereta api dan pusat Yahudi di mana 166 orang tewas, termasuk enam orang Amerika.

Sementara Pakistan mengambil tindakan terhadap pendiri Lashkar Hafiz Saeed tahun lalu, Pakistan terus menyediakan pelabuhan yang aman bagi para pemimpin militan top lainnya, kata laporan negara Departemen Luar Negeri AS tahun 2019 tentang terorisme.

Salah satunya adalah Sajid, “manajer proyek” serangan Mumbai, diyakini tetap bebas di Pakistan, kata laporan AS.

Seorang pejabat India mengatakan pemerintah telah berulang kali meminta Pakistan untuk menyerahkan Sajid yang bertugas sebagai kepala perencana serangan, mengarahkan persiapan dan pengintaian dan juga disebut sebagai salah satu pengendali yang berbasis di Pakistan selama serangan.

“Kami telah meminta sebelumnya, dan menuntut lagi, dia perlu diserahkan,” kata pejabat yang menangani masalah keamanan regional.

Kantor luar negeri Pakistan tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk memberikan komentar.

Pakistan telah berulang kali menolak tuduhan AS bahwa itu adalah tempat yang aman bagi militan dan mengatakan telah menuntut kepemimpinan beberapa kelompok terlarang.

Pejabat India lainnya mengatakan kurangnya tindakan terhadap Sajid bertentangan dengan jaminan Pakistan kepada organisasi internasional, termasuk Financial Action Task Force (FATF), pengawas global pendanaan terorisme. Pakistan sedang mencoba untuk keluar dari daftar abu-abu FATF dari negara-negara yang menyinggung.

FBI telah memposting hadiah sebesar US $ 5 juta (S $ 7 juta) untuk informasi yang mengarah pada penangkapan Sajid, yang juga dicari karena plot 2008/2009 terhadap surat kabar Jyllands-Posten Denmark untuk membalas publikasi kartun Nabi Muhammad yang membuat marah banyak Muslim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Presiden China Xi Jinping mengutuk penembakan Moskow sebagai ‘serangan teroris parah’ dalam pesan kepada Vladimir PutinPresiden China Xi Jinping mengutuk penembakan Moskow sebagai ‘serangan teroris parah’ dalam pesan kepada Vladimir Putin

Pesan presiden China kepada mitranya dari Rusia setelah serangan gedung konser yang menewaskan 143 orang menunjukkan Moskow dapat mengharapkan Beijing untuk 'berdiri dalam solidaritas' dengannya mengenai keamanan, kata analis.