Glitzy Lips Partygirl Uncategorized CNOOC mendukung masa depan Hong Kong yang berkelanjutan

CNOOC mendukung masa depan Hong Kong yang berkelanjutan

CNOOC mendukung masa depan Hong Kong yang berkelanjutan post thumbnail image

Pada puncaknya, ladang gas Yacheng 13-1 menghasilkan lebih dari 3,5 miliar meter kubik (bcm) gas alam setiap tahun, dimana sekitar 3 bcm ditujukan untuk Hong Kong. Pasokan ini menyediakan lebih dari 25% kebutuhan pembangkit listrik Hong Kong, memberi daya pada jutaan rumah dan bisnis. Selama bertahun-tahun, ladang gas telah memasok lebih dari 70 bcm gas alam ke Hong Kong, mencakup sekitar 70% dari konsumsi gas alam kota.

Peran LNG dalam mengurangi jejak karbon Hong Kong

Untuk memastikan pasokan energi yang stabil dan beragam, CNOOC telah menambahkan LNG ke portofolionya. Terminal LNG Guangdong Dapeng, selesai pada tahun 2006, adalah proyek impor LNG pertama China dan pengembangan utama untuk Hong Kong.

Selama 18 tahun terakhir, terminal ini telah memasok sekitar 21,1 bcm LNG ke Hong Kong, terhitung sekitar 33% dari konsumsi gas alam kota. Pasokan LNG ini telah berkontribusi secara signifikan untuk mengurangi jejak karbon Hong Kong.

Dibandingkan dengan pembakaran batubara ekuivalen, penggunaan LNG telah mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 54,64 juta ton, sulfur dioksida sebesar 500.000 ton, dan partikel sebesar 260.000 ton. Pengurangan ini setara dengan menanam lebih dari 100 juta pohon, menyoroti manfaat lingkungan dari sumber energi bersih ini.

Munculnya ladang gas laut dalam: Shenhai-1

Pada tahun 2021, CNOOC menugaskan ladang gas ultra-laut dalam Shenhai-1 (Laut Dalam No. 1), ladang gas laut dalam pertama yang sepenuhnya dioperasikan oleh sebuah perusahaan di Tiongkok. Terletak di Laut Cina Selatan, lapangan ini telah mempertahankan produksi yang stabil, dengan produksi gas kumulatif melebihi 8 miliar meter kubik dan produksi minyak kondensat melebihi 800.000 meter kubik.

Gas alam dari Shenhai-1 diangkut melalui pipa bawah laut sepanjang 87 kilometer yang terhubung ke pipa Y13-1, memastikan pasokan yang stabil ke Hong Kong. Keberhasilan operasi Shenhai-1 menunjukkan kecakapan teknologi dan komitmen CNOOC untuk mengeksplorasi ladang energi lepas pantai baru. Pembangunan fase kedua Shenhai-1 yang sedang berlangsung diharapkan dapat meningkatkan produksi gas tahunan dari 3 miliar meter kubik menjadi 4,5 miliar meter kubik, yang selanjutnya mendukung pasokan energi Hong Kong.

Meningkatkan ketahanan pasokan: Terminal LNG Lepas Pantai Hong Kong

Pada 21 September 2023, CNOOC meluncurkan fasilitas LNG lepas pantai terbesar di dunia— Terminal LNG Lepas Pantai Hong Kong. Fasilitas canggih ini dapat menampung Floating Storage Regasification Unit (FSRU) dan pengangkut LNG terbesar di dunia, memastikan sumber gas alam baru dan andal untuk Hong Kong.

Berlokasi strategis dan canggih dalam desain, terminal ini dapat menangani LNG dalam volume besar, yang diregasifikasi dan dikirim melalui dua pipa bawah laut ke pembangkit listrik Black Point dan Lamma Island. Infrastruktur ini tidak hanya meningkatkan keamanan energi Hong Kong tetapi juga mendukung transisinya ke energi bersih, selaras dengan tujuan netralitas karbon regional.

Mendukung keberlanjutan: inisiatif energi hijau

Komitmen CNOOC terhadap pembangunan berkelanjutan melampaui pasokan gas alam. Perusahaan telah menerapkan berbagai inisiatif untuk mempromosikan energi hijau dan mengurangi emisi karbon.

Misalnya, Terminal LNG Guangdong Dapeng memanen energi dingin yang dilepaskan selama regasifikasi LNG untuk berbagai aplikasi, termasuk akuakultur dan logistik rantai dingin. Proyek pemulihan energi dingin di Terminal LNG Guangdong Dapeng adalah model pengelolaan lingkungan yang inovatif.

Dengan memanen energi dingin untuk menjaga suhu air yang cocok untuk budidaya ikan bernilai tinggi, CNOOC telah menciptakan model akuakultur yang berkelanjutan. Proyek ini tidak hanya meningkatkan kualitas dan hasil produk akuakultur, tetapi juga secara signifikan mengurangi konsumsi energi dan emisi gas rumah kaca.

Kinerja keuangan yang kuat

Hasil kuartal pertama 2024 CNOOC menyoroti pertumbuhan yang kuat dan pencapaian yang signifikan. Produksi bersih perusahaan mencapai 180,1 juta barel setara minyak, meningkat 9,9% tahun-ke-tahun. Pertumbuhan ini terutama didorong oleh start-up proyek dan peningkatan produksi dari ladang yang ada di China dan luar negeri.

Di China, produksi bersih tumbuh sebesar 6,9% menjadi 123,2 juta barel setara minyak, berkat kontribusi dari proyek-proyek baru. Produksi luar negeri juga meningkat secara signifikan sebesar 16,9%, terutama karena produksi yang lebih tinggi dari aset di Guyana dan Kanada.

Terlepas dari lingkungan yang menantang dari penurunan harga minyak internasional, kinerja keuangan CNOOC yang kuat tercermin dalam laba bersihnya, yang meningkat 23,7% tahun-ke-tahun menjadi RMB39,7 miliar.

Penemuan minyak terbaru

Upaya eksplorasi CNOOC di Laut Cina Selatan, Laut Bohai dan Pearl River Mouth Basin telah mencapai kemajuan yang signifikan. Penemuan seperti Kaiping South Oilfield di Laut Cina Selatan dan Qinhuangdao 27-3 Oilfield di Laut Bohai telah menambah cadangan besar untuk portofolio CNOOC.

Kaiping South Oilfield, yang terletak di bagian timur Laut Cina Selatan, memiliki kedalaman air rata-rata sekitar 500 meter. Sumur penemuan KP18-1-1d dibor hingga kedalaman 3.462 meter, dengan total pembayaran satu dari 100,6 meter minyak dan gas.

Sumur diuji pada tingkat rata-rata sekitar 7.680 barel minyak dan 520.000 kaki kubik gas alam per hari. Eksplorasi berkelanjutan telah mengkonfirmasi cadangan di tempat sebesar 102 juta ton setara minyak di Kaiping South Oilfield.

Di tempat lain, Ladang Minyak Qinhuangdao 27-3, yang terletak di perairan tengah dan utara Laut Bohai, memiliki kedalaman air rata-rata sekitar 25 meter. Sumur penemuan QHD27-3-3 dibor hingga kedalaman 1.570 meter, dengan total lapisan minyak 48,9 meter.

Ladang minyak diuji sekitar 742 barel minyak per hari dari satu sumur. Eksplorasi berkelanjutan telah mengkonfirmasi cadangan di tempat sebesar 104 juta ton setara minyak di ladang minyak Qinhuangdao 27-3.

Start-up proyek terbaru

Fokus CNOOC pada peningkatan kapasitas produksi tercermin dalam proyek start-up baru-baru ini di berbagai daerah.

Proyek Pengembangan Area Sumur Bohong 19-6 Gas Field Block 13-2 Area 5, yang terletak di Laut Bohai tengah dengan kedalaman air rata-rata sekitar 23 meter, mencakup satu platform kepala sumur dan berencana untuk mengebor 10 sumur pengembangan. Diperkirakan akan mencapai puncak produksi harian sekitar 5.800 barel setara minyak pada tahun 2026.

Selain dua proyek Laut Bohai yang diluncurkan tahun ini (Suihong 36-1/ Lvda 5-2 Oilfield Secondary Adjustment dan Bohong 19-6 Gas Field Block 13-2 Area 5 Well Area Development), CNOOC berencana untuk meluncurkan dua proyek Laut Bohai lagi pada tahun 2024 — Proyek Pengembangan Ladang Minyak Bohong 19-2 dan Proyek Pengembangan Suihong 36-2 Oilfield Block 36-2

.

Di Laut Cina Selatan, Proyek Pengembangan Ladang Minyak Lufeng 12-3 telah dimasukkan ke dalam produksi, dengan output puncak yang diharapkan sebesar 29.500 barel per hari pada tahun 2024.

Secara internasional, Proyek Mero 2 di Santos Basin of Brail telah berhasil diluncurkan. Mero 2 adalah fase pengembangan kedua dari ladang minyak terbesar ketiga Brail, Mero Oilfield. Proyek ini terdiri dari 16 sumur pengembangan, yang dirancang untuk menghasilkan hingga 180.000 barel minyak per hari. Unit penyimpanan dan pembongkaran produksi terapung (FPSO) proyek ini adalah salah satu yang terbesar di dunia, menyoroti kemampuan CNOOC untuk mengelola proyek lepas pantai besar.

Memajukan inisiatif energi bersih

Ke depan, CNOOC akan terus memperkuat kemitraannya dengan Hong Kong dan menjajaki peluang kerja sama baru. Rencana perusahaan termasuk memperluas eksplorasi laut dalam dan mengembangkan ladang gas baru untuk memastikan pasokan energi yang berkelanjutan untuk wilayah tersebut.

Visi strategis CNOOC sejalan dengan tujuan energi Hong Kong, dengan fokus pada peningkatan pangsa gas alam dalam bauran energi, meningkatkan efisiensi energi, dan mengurangi emisi karbon.

Memanfaatkan teknologi canggih dan praktik inovatif, CNOOC mendukung transisi Hong Kong ke ekonomi rendah karbon, berkontribusi pada tujuan pembangunan berkelanjutan yang lebih luas di Greater Bay Area.

Upaya berkelanjutan CNOOC mencakup pengembangan energi dan teknologi bersih yang berkelanjutan. Perusahaan ini secara aktif mengeksplorasi potensi tenaga angin lepas pantai, termasuk koneksi jaringan yang sukses dari proyek tenaga angin terapung laut dalam semi-submersible ‘double hundred’ pertama di dunia.

Proyek ‘CNOOC Guanlan’ terletak di dekat ladang minyak Wenchang di Laut Cina Selatan bagian barat, 136 kilometer dari pantai, dengan kedalaman air 120 meter. Ini adalah proyek tenaga angin terapung laut dalam semi-submersible ‘double hundred’ pertama di dunia, yang beroperasi di perairan sedalam lebih dari 100 meter dan lebih dari 100 kilometer lepas pantai.

Fasilitas produksi utama proyek, ‘CNOOC Guanlan’, adalah platform tenaga angin terapung laut dalam pertama China, menyediakan daya untuk ladang minyak lepas pantai di bawah kondisi laut yang paling keras. Platform ini memiliki kapasitas terpasang 7,25 megawatt, mampu menghasilkan hingga 22 juta kilowatt-jam listrik, setara dengan menghemat hampir 10 juta meter kubik gas alam setiap tahun dan mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 22.000 ton.

Di sisi lain, CNOOC memajukan teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS), dengan proyek Enping 15-1 CCS ditetapkan untuk menjadi proyek CCS jutaan ton lepas pantai pertama China.

Membentuk masa depan energi Hong Kong

Kemitraan CNOOC dengan Hong Kong adalah kisah pertumbuhan, kerja sama, dan pembangunan berkelanjutan yang luar biasa. Dari pembangunan pipa Y13-1 hingga pengenalan LNG dan pengembangan ladang gas laut dalam yang canggih, CNOOC secara konsisten menyediakan energi yang andal, mendukung pengembangan Hong Kong.

Karena CNOOC terus mengeksplorasi bidang-bidang baru dan memperluas bisnisnya, kontribusinya terhadap keamanan energi Hong Kong dan tujuan pembangunan berkelanjutan tidak diragukan lagi akan tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari kemakmuran kawasan ini. Melalui solusi inovatif, investasi strategis dan komitmen teguh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan, CNOOC siap memainkan peran utama dalam membentuk lanskap energi Hong Kong dan Greater Bay Area di tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Ribuan orang di Myanmar barat melarikan diri saat tentara merencanakan operasi, kata para pemantauRibuan orang di Myanmar barat melarikan diri saat tentara merencanakan operasi, kata para pemantau

Naypyitaw (ANTARA) - Ribuan penduduk desa meninggalkan rumah mereka di negara bagian Rakhine, Myanmar, setelah seorang administrator setempat memperingatkan puluhan pemimpin desa bahwa tentara merencanakan "operasi pembersihan" terhadap pemberontak, kata